Jantung Lemah ? Obati Dengan Cara ini

2 min read

Jantung lemah adalah istilah yang digunakan ketika otot jantung melemah atau kardiomiopati. Kardiomiopati adalah penyakit di mana otot jantung melemah, merenggang, atau memiliki masalah pada strukturnya.Kondisi ini sering kali terjadi saat jantung tidak dapat memompa atau berfungsi dengan baik.

 

Penyebab penyakit jantung lemah Yaitu sebagai berikut

Kardiomiopati atau lemah jantung terjadi ketika otot jantung tidak dapat memompa dan mengirimkan darah ke seluruh bagian tubuh dengan baik. Selain dipengaruhi oleh struktur otot jantung yang abnormal, penyebab penyakit jantung lemah ternyata terkait dengan beberapa faktor risiko, di antaranya:

Rusaknya jaringan jantung akibat serangan jantung yang sebelumnya pernah dialami, Penderita tekanan darah tinggi jangka panjang, Adanya gangguan pada katup jantung

Adanya gangguan metabolisme, seperti diabetes, obesitas, atau penyakit kelenjar tiroid, Adanya gangguan pada jaringan ikat tubuh, Denyut jantung yang berdetak terlalu cepat jangka waktu yang lama,Kondisi genetik yang diturunkan,Komplikasi pada kehamilan, Konsumsi obat-obatan amfetamin, kokain, atau steroid anabolik jangka panjang, Konsumsi obat kemoterapi dan terapi radiasi untuk mengobati kanker

 

Sesak Pada Pernapasan, pada saat jantung menjadi lemah kemudian darah kembali masuk menuju ke dalam pembuluh darah yang membawa oksigen dari paru-paru menuju jantung. Hal ini akan mengakibatkan terganggunya sistem pernapasan. Gejala ini sering muncul terutama ketika sedang melakukan aktivitas seperti olahraga.

Kelelahan, pada saat kebutuhan oksigen dalam tubuh tidak optimal bisa saja disebabkan jantung melemah dan tidak mampu memompa darah dengan cukup. Hal ini berakibat dialihkannya darah ke bagian tubuh yang lebih penting seperti otak dan juga jantung, sehingga beberapa organ kurang mendapatkan kebutuhan yang cukup akhirnya tubuh yang terasa lemah dan lelah. Penderita akan mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas fisik ringan saja seperti berjalan, naik tangga atau ketika membawa beban yang cukup berat.

Akumulasi Cairan dan Pembengkakan, bila aliran darah menuju ginjal terganggu, kemudian ginjal menghasilkan hormon yang berlebih akan berakibat pada akumulasi garam dan juga air. Pergelangan tangan dan kaki menjadi tempat paling sering terjadinya pembengkakan.

 

Penanganan jantung lemah Yaitu sebagai berikut

Untuk menyembuhkan kondisi Anda, dokter akan terlebih dahulu melihat seberapa parah kerusakan yang dialami oleh jantung. Beberapa kondisi tertentu tidak perlu penanganan apa pun hingga ciri-ciri jantung lemah tersebut benar-benar mengganggu aktivitas Anda.

Menjalani gaya hidup sehat yang berhubungan dengan jantung.Minum obat yang dapat mencegah kondisi Anda semakin parah, misalnya minum obat herbal bio nerve , banyak minum air putih, tidak melakukan aktivitas yang membuat jantung berdebar-debar, mencegah terjadinya penggumpalan darah dan peradangan.

 

Melakukan implantasi jantung, misalnya dengan alat deteksi denyut jantung atau defibrilator.Operasi.Transplantasi jantung yang hanya dilakukan sebagai opsi terakhir, kemudian penanganan jantung lemah juga didasarkan atas tipe kardiomiopati yang Anda alami. Untuk menangani kardiomyopati hipertropik,  serta mencegah terjadinya serangan jantung.

joni-joni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *